Berikut Jenis Penyakit Kuda dan Cara Mengobatinya

Jenis penyakit kuda dan cara mengobatinya perlu anda ketahui khususnya anda yang berprofesi sebagai peternak kuda pasti anda tidak ingin bukan kalau kuda peliharaan anda mati karena terkena penyakit. Ketika saat kuda terkena penyakit sangat dianjurkan penanganan yang cepat yaitu dengan cara pengobatan yang dilakukan langsung oleh peternak kuda itu. Nah bagi anda yang belum mengetahui jenis penyakit kuda dan cara mengobatinya, anda bisa mengetahuihal tersebut dengan membaca ulasan dibawah ini.

Macam Penyakit Kuda dan Cara Mengobatinya

jenis penyakit kuda dan cara mengobati
Beternak kuda semacam laiknya beternak sapi alias kambing maupun ayam, setiap saat penyakit dapat menjadi ancaman yang membahayakan bahkan mematikan. Berbagai penyakit yang butuh diwaspadai merupakan perut kembung, mencret, flu alias pilek, bahkan luka-luka sekalipun.

Perut kembung.

Gejalanya, apabila kuda mengalami perut kembung, maka ia suka berguling-guling di tanah semacam perut melilit. Faktor ini dikarenakan oleh pemberian pakan berupa hijauan yang tetap segar, sebab hijauan segar tetap tak sedikit kandungan gas sebagai pemicu perut kembung. Alias dapat juga dikarenakan oleh penyebab lain, semacam memandikan ternak sehabis pulang kerja. Faktor ini bakal mengdampakkan ternak mengalami masuk angin.

Penanganan, Di antaranya mengundang kuda jalan- jalan, kemudian lama kelamaan diajak lari lari hingga kuda terkencing-kencing alias mengeluarkan kotoran. Minumannya berupa parutan buah papaya yang dicampur garam serta minyak goreng secukupnya. Tutorial lain dapat juga memberbagi soda yang ditambah dengan garam.

Flu alias pilek

Gejala yang muncul dampak penyakit ini merupakan hidung berlendir, jadi nafas tak teratur. Penanganan, ajaklah kuda jalan-jalan, kemudian lama kelamaan diajak berlari lari. Memandikan kuda hanya sebatas kepala serta kakinya saja, serta memberbagi pakan dalam kondisi kering.

Mencret.

Gejala yang muncul dampak penyakit ini merupakan mencret alias diare yang berlebihan, jadi menyebabkan ternak menjadi lemas, tak nafsu makan. Apabila ternak kuda menderita mencret, faktor yang sama juga wajib diperbuat, yaitu mengundang kuda jalan-jalan, hingga berlari-lari hingga kuda terkencing-kencing alias mengeluarkan kotoran. Selain informasi jenis penyakit kuda dan cara mengobati ini, anda juga bisa membaca informasi tentang kuda lainnya seperti jenis kuda termahal di dunia.
Previous
Next Post »