Begini Cara Merawat Kuda Yang Benar

cara merawat kuda - Kuda, yang bahasa latinnya Equus caballus alias Equus ferus caballus. Fauna ini telah lama menjadi salah satu fauna ternak yang penting dengan cara ekonomis, dan telah memegang peranan penting dalam pengangkutan orang dan barang selagi ribuan tahun.
Umur kuda bisa mencapai 25 tahun. Kuda betina biasa dikawinkan pada umur dua tahun. Seusai melalui masa reproduksi, kuda bakal mengandung.

Jenis kuda pacu,  piaraan-jenis Thoroughbred sebagai bibit unggulnya, kemudian kuda betina lokal opsi dan kuda poni hasil perkawinan keduanya.

Kuda piaraan ini tak sedikit jenisnya, antara lain Kuda Arab, Kuda Sumbawa, Kuda Australia, Kuda Inggris, dan Kuda Mustang yang berasal dari Amerika Utara. Jenis-jenis kuda ini adalah tipe unggulan yang berkualitas tinggi di pasaran.

Cara Merawat Kuda

cara merawat kuda
Untuk perawatan selalu kuda, diperbuat dengan cara khusus semacam mandi 2 kali sehari. Sedangkan makanan juga diramu khusus baik dari makanan lokal maupun makanan nutrisi tambahan. Makanan diberbagi 2 kali dalam sehari.

Sumber energy yang diperlukan kuda berasal dari carbohidrat pada tanaman forages (cellulosa) rumput-rumputan, biji-bijian (grain), protein dan lemak. Rumput hijau mempunyai kandungan energi dan nutrisi lebih tinggi dibanding yang telah tua dan kering.

“ Tiap hari untuk satu ekor kuda menghabiskan 6 kg pakan, sedangkan untuk rumput hijau adalah makanan ringan saja bagi kuda”, .

Ransum kuda sehari-hari terdiri atas rumput hijau (forages), biji-bijian, dan mineral yang diperlukan. Biji-bijian (grain) bisa dari jagung giling, bekatul, bren, oats, padi dll. Baik dalam bentuk pecah giling ataupun berupa pellete.

Air bersih yang tak terkontaminasi wajib diberbagi sebagai asupan sehari-hari dengan cara leluasa sesuai kebutuhannya, kuda membutuhkan air untuk proses metabolisme, sebagai pengganti keringat yang keluar saat bekerja alias berlari.

Tetapi pemberian air ini diatur seusai melalui proses pendinginan badan, kira-kira 1 jam seusai kerja alias lari berakhir. Berbagi rumput seusai kuda berakhir berlari hingga suhu badan betul-betul dingin normal kembali baru diperbolehkan minum air. Pemberian air seusai kerja keras diperbuat bisa menyebabkan gangguan semacam munculnya cholic dsb.

Pada kandang yang digunakan alasnya adalah serbuk gergaji kayu. Manfaat dari serbuk kayu  disamping bisa menyerap kotoran, serbuk kayu juga bisa menghapus bau. Untuk kuda sendiri juga bisa terasa lebih hangat.

“Dalam perawatan kuda anggaran yang diperlukan per bulannya kurang lebih 2 juta rupiah/ekor. Sedangkan untuk kuda pacu Juara bisa hingga 15 juta per bulannya. Ini sebab butuh perawatan super intensif.

Mulai dari makanannya yang khusus dibandingkan kuda yang lain, kemudian kunjungan dokter fauna dalam pemeriksaan kesehatan dengan cara selalu dan berkala. Kemudian belum lagi untuk pelatihan tiap harinya untuk dijadikan kuda pacuan,” tandasnya.
Kuda adalah fauna yang mempunyai kualitas tersendiri bagi pemiliknya.

Selain adalah fauna kesayangan, kuda juga dikualitas sebagai fauna ‘prestisius’ yang berkaitan dengan gengsi dan martabat seseorang. Oleh sebab itu, keberadaan dan kelahiran kuda baru sangat didambakan oleh setiap peternak kuda. Selain informasi cara merawat kuda yang benar ini, anda juga bisa membaca informasi kuda lainnya seperti cara perawatan kuda bunting, jenis penyakit kuda dan jenis kuda termahal di dunia.
Previous
Next Post »